Beranda » sinusitis » Ciri Ciri dan Pengertian Penyakit Sinusitis

Ciri Ciri dan Pengertian Penyakit Sinusitis

Dilihat 106x | Tags sinusitis,

Ciri Ciri dan Pengertian Penyakit Sinusitis Mei 2018

Ciri Ciri dan Pengertian Penyakit Sinusitis

Sinus adalah bagian ruangan ruangan kecil yg saling berhubungan melalui saluran udara di dalam tengkorak tubuh kita,dimana rongga sinus ini membuka lubang pada hidung dimana di setiap organ tubuh manusia memiliki empat pasang sinus di dalam kepala manusia,yaitu ada di bagian kedua sisi batang hidung,di belakang mata di belakang tulang pipi dan di belakang dahi.Lendir lendir yg di hasilkan oleh sinus ini memiliki fungsi untuk membantu mengendalikan kelembaban dan suhu udara yg masuk pada paru paru,lendir yg mengalir ke hidung ini melalui saluran kecil,saluran kecil ini terhalang apabila sinus mengalami peradangan atau infeksi.

Terkadang kondisi ini di sebut dengan rhinosinusitis kronis yg mana efeknya ialah mengganggu saluran pernafasan dan menyebabkan banyak lendir yg menumpuk,atau bahkan bila anda bernafas melalui hidung ini akan terasa sulit,efek lain dari sinusitis ini ialah anda mengalami rasa nyeri pada wajah dan bengkak. Jadi penyakit sinus merupakan suatu perandangan atau pembengkakan yang terjadi dijaringan melapisi sinus, sinus biasnya berisi udara tapiketika sinus tersumbat dan berisi cairan kuman, bakteri, virus dan jamur dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Penyebab dan Akibat Penyakit Sinusitis

Penyebab terjadinya penyakit sinusitis ialah karena adanya kelainan pada masalah hidung dimanadi dalam hidung ini terjadi penyumbatan sehingga terjadi sinusitis,seperti pembengkakan pada lapisan hidung atau pertumbuhan kecil di lapisan hidung atau bahkan pergeseran di dalam rongga hidung. Kelainan selanjutnya yg menyebabkan penyakit sinusitis ialah adanyakelainan pada gigi gerahama,sehingga sinusitis sering terjadi karena terinfeksinya gigi geraham.

Akibat dari sinusitis yg sudah kronis atau akut bisa terjadi pembengkakan dan peradangan dari rongga sinus atau rongga dada yg berada di wilayah saluran hidung sehigga menjadi kurang baik. dimana kondisi ini tentunya sangat mengggangu kinerja rongga hidung sehingga tenggorokan berlendir dan hidung menjadi mampet.Efek akibat penyakit sinusitis tentunya bisa menjadi komplikasi pada telinga,sehingga telinga menjadi terinfeksi jika tidak segera di obati,namun infeksi pada telinga bisa terjadi karena saat membersihkan telinga yg terlalu sering dan terlalu kuat sehingga perkembang biakan bakteri atau virus akan menyebabkan peradangan padatelinga anda.

Infeksi lainnya yg terkena efek akibat penyakit sinusitis ialah sinus kamevosa,yang mana merupakan kumpulan gejala dari suatu penyakit pada penyakit lain sehingga menyebabkan ophthalmoplegia,ophthalmoplegia ini adalah akibat dari penekanan saraf aculomotor dan saraf troklearis,sehingga fungsi saraf maksila menjadi hilang,karena terkompresi oleh saraf rahang atas.

Hal selanjutnya dari akibat penyakit sinusitis ini ialah menurunnya fungsi indra penciuman,hal ini pun adalah komplikasi dari sinusitis yg sangat mungkin terjadi jika tidak segera di tangani,apabila komplikasi ini tidak segera di obati fungsi hidung akan sangat menurun,menurunnya fungsi hidung ini sudah tentu karena adanya infeksi serta pembengkakan yg menekan saraf penciuman itu.

Cara Mengobati dan Menyembuhkan Penyakit Sinusitis - Gejala awal penyakit sinusitis mungkin tidak terlalu diperhatikan, karena biasanya gejala yang muncul ini sangat mirip dengan flu biasa. Namun gejala yang lebih lama selama lebih dari dua minggu bisa menjadi pemicu sinusitis yang serius. Perawatan yang diperlukan untuk sinusitis sangat beragam sesuai dengan kondisi. Perawatan untuk sinusitis akut harus dengan bantuan dokter, sementara sinusitis yang ringan dengan perawatan di rumah menggunakan bahan bahan yg ada di rumah.

Di nusantara penyakit ini banyak ditemukan dan biasanya penyebab sinusitis ini terjadi pada orang yang tinggal di wilayah kawasan suhu rendah. Potensi ini mungkin tidak terlalu besar dibandingkan penduduk di negara dengan empat musim karena di negara mereka mengalami musim dingin yang buruk. Sinusitis bisa disebabkan oleh kontaminasi virus yang menyerang rongga pernafasan atas. Selain itu sinusitis juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap udara, suhu dingin, bulu binatang, serbuk sari bunga, debu dan juga penyakit.

sumber: https://www.dalimogold.com/sinusitis


Keywords : Obat sinusitis, ciri terkena penyakit sinusitis, akibat dari sinusitis,